Share The Knowledge

Latest Posts:

MEMBUAT POWER BANK DARI BATERAI BEKAS

Okay Dsini Saya Akan Share Bagaimana Cara Membuat POWERBANK Dari Baterai Bekas..
Okay,Lets Work

Material dan tool yg diperlukan 

1. Peralatan tempur yg diperlukan
Spoiler for PIC Peralatan tempur



Bukan yg diatas ya….. kalau ini peralatan tempur beneran, asli hasil karya anak bangsa indonesia tercinta.
Yang bener yg dibawah ini :


2. Komponen utama yg dibutuhkan

a. Baterai cel 18650 bekas laptop yg di refill di trit sebelumnya
Spoiler for PIC Baterai cell bekas



b. Baterai cel 18650 bekas laptop + Baterai ex Nokia Jadul


Kalau ada dana lebih, boleh juga baterai cell ygbaru.


c. Modul atau DC converter
Spoiler for PIC Modul



Boleh juga modul dc to dc nya bikin sendiri, disini saya sengaja beli dengan berbagai pertimbangan,
diantaranya sudah malas main solder dan males cari komponennya.


d. Lain-lain
Spoiler for PIC Bahan lain-lainnya

Kabel dan kaleng


Fungsinya untuk bikin konektor baterai-nya.


TAHAPAN PEKERJAAN 

Simply….
Say bismillah before you do something …


POWER BANK 

1. Skema nya dulu 
Spoiler for PIC Skema


Saya sengaja ga bikin skema pakai simbol elektro, biar mudah dipahami sama rekan yg awam elektro.

Real-nya nanti kurang lebih begini :
Spoiler for PIC Pemasangan



Disini pasangan battery cell saya pararel utk menyesuaikan dengan modul baterai charger (modulnya mmg utk nge-charge cell 3,7 volt)


2. Merakit komponen
Spoiler for PIC Merakit komponen

Baterai cell (ex laptop) + Konektor + Kabel


Konektor yg disponsori oleh biskuit bekas lebaran


Jepit kabel ke konektor


3. Pasangkan konektor ke baterai cell, dan dilakban yang rapat
Spoiler for PIC Pasang konektor





4. Commissioning test level raskin 
Spoiler for PIC Test sebentar



5. Dibungkus ulang dengan lakban lagi biar rapat
Spoiler for PIC Dirapikan lagi



Baterai boleh lebih dari 4, namun pertimbangkan besar fisiknya nya nanti,
serta lamanya pengecasan powerbank-nya.


6. Menyambung dengan modul + saklar
Spoiler for Merakit semua komponen



Perhatikan polarisasi atau kutub positif dan negatifnya, karena ini sangat krusial.
Untuk saklar sebaiknya pergunakan saklar geser, yg saya pakai saklar tekan, ada kemungkinan masuk tas jadi tertekan.

Tahap berikutnya : 

7. Commissioning test model raskin lagi

Bisa diamati disini, kalau sebenarnya ini hanya kerjaan koneksi tegangan aja alias sambung2 doang.
Spoiler for Test ulang lagi sebentar



Kondisi cell sudah penuh, led biru menyala
Spoiler for PIC Baterai cell sudah penuh


Coba test ngecharge bb
Spoiler for Test bentar nge-charge BB



8. Membuat dudukan modul
Spoiler for PIC dudukan modul



Kita harus bikin dudukan untuk modulnya, agar pada saat dicolok kepala USB tidak bergerak



Sip, sekarang tinggal casingnya dibikin cakep.


9. Boneka dimutilasi
Spoiler for PIC casing dari boneka



10. Memasukkan PB ke boneka
Spoiler for PIC Masukkan PB


11. Perapian
Spoiler for Dirapikan



Oh ya, hasil akhir dimodifikasi lagi, sebelumnya saya lem power glue,
sama saudara saya dikasih retsleting, jadi kalau mau nge-charge, buka dulu retsletingnya 

11a. Perapian tahap 2
Spoiler for Lobang belakang dipasang retsleting

Ini yg sudah diganti ponakan saya dengan retsleting, saya mana ada kepikiran gitu 



12. Selesai
Share on Google Plus

About Unknown

Saya Adalah Faizal Saya Disini Sebagai Penulis Sekaligus Owner Blog Ini Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya :) Happy Reading And Keep Visit My Blog For Our Updates :)
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: